We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Kontributif Kelancaran Pergerakan Komoditas dan Produk UMKM dari dan menuju Indonesia bagian Timur

Apr 3, 2023, 21.50 PM by Lion Air Public Relations

Kebijakan Bagasi Gratis Lion Air Menjadi 15kg pada 8 Rute Destinasi Utama di Maluku dan Papua

 

 

Lion Air telah memperhatikan potensi ekonomi Maluku dan Papua sejalan meningkatkan dukungan untuk industri dan usaha kecil di wilayah ini. Peluang mengembangkan dan memasarkan komoditas dan produk-produk UMKM semakin terbuka luas. Dampak positif pengangkutan kargo lebih efektif sehingga dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

 

 

J A K A R T A – 29 Maret 2023. Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mengumumkan kebijakan terbaru mengenai bagasi gratis (cuma-cuma) kategori bagasi tercatat (didaftarkan) setiap penumpang mengalami penyesuaian menjadi 15kg khusus rute dari dan menuju 8 (delapan) destinasi di Indonesia bagian timur, yaitu

1. Bandar Udara Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ)

2. Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara (TTE)

3. Bandar Udara Dominie Eduard Osok, Sorong, Papua Barat (SOQ)

4. Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat (MKW)

5. Bandar Udara Mozes Kilangin Timika, Mimika, Papua Tengah (TIM)

6. Bandar Udara Frans Kaisiepo, Biak, Biak Numfor, Papua (BIK)

7. Bandar Udara Sentani, Jayapura, Papua (DJJ)

8. Bandar Udara Mopah Merauke, Papua Selatan (MKQ)

 

Penyesuaian ini berlaku berlaku 01 April 2023 dengan ketentuan:

1. Pembelian tiket pesawat Lion Air (tiket yang diterbitkan) pada 01 April 2023

2. Periode terbang dimulai 01 April 2023.

Apabila calon penumpang membeli tiket sebelum 01 April 2023 dan berangkat pada 01 April 2023 seterusnya, masih mendapatkan bagasi gratis 20kg.

 

Apabila calon penumpang memiliki penerbangan lanjutan (connecting flight atau transit) meliputi dari dan tujuan 8 destinasi tetap mengacu pada bagasi cuma-cuma terbesar setelah dibandingkan antara 2 (dua) atau lebih maskapai serta rute yang digunakan (dilalui).

 

Contoh #1, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan Lion Air

  • Jakarta ke Makassar (20kg)
  • Makassar ke Merauke (15kg)

    Penjelasan: Lion Air rute Jakarta ke Makassar memiliki gratis bagasi tercatat paling besar diantara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memperoleh 20kg pada sektor Jakarta – Makassar – Merauke.

     

    Contoh #2, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan transit kombinasi Lion Air dan Batik Air

  • Batik Air Jakarta ke Makassar (20kg)
  • Lion Air Makassar ke Merauke (15kg)

Penjelasan: Batik Air rute Jakarta ke Makassar memiliki gratis bagasi tercatat paling besar diantara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memperoleh 20kg untuk rute Jakarta – Makassar – Merauke.

 

Contoh #3, keberangkatan 13 April 2023 pada penerbangan transit kombinasi Lion Air dan Wings Air

  • Lion Air Makassar ke Ambon (15kg)
  • Wings Air Ambon ke Saumlaki (0kg)

Penjelasan: Lion Air Makassar ke Ambon memiliki gratis bagasi tercatat paling besar diantara kedua sektor rute. Maka, calon penumpang memperoleh 15kg untuk rute Makassar – Ambon – Saumlaki.

 

 

Mendukung Kelancaran UMKM

Kebijakan penyesuaian total bagasi gratis menjadi 15kg dapat berdampak pada pergerakan komoditas dan produk UMKM dari dan menuju Indonesia bagian timur, antara lain

Pertama, menstimulasi pengiriman komoditas dan produk UMKM secara tepat. Hal ini dapat membantu prioritas pengiriman kargo produk UMKM lebih besar dan terjangkau bagi konsumen.

 

Kedua, mendongkrak komoditas dan produk UMKM Indonesia bagian timur dengan memanfaatkan kapasitas kargo yang tersedia lebih efektif. 

 

Ketiga, meningkatkan daya saing produk UMKM semakin kompetitif, karena pengangkutan dan pengiriman yang lebih cepat dengan kapasitas lebih besar.

 

Keempat, meningkatkan kualitas layanan transportasi dengan memastikan bahwa berat kargo komoditas dan produk UMKM yang diangkut sesuai kapasitas pesawat. Tujuannya membantu mengurangi risiko keterlambatan pengiriman yang disebabkan oleh kelebihan beban pada pesawat.

 

Wilayah Maluku dan Pulau Papua memiliki potensi sumber daya alam yang kaya dan beragam, termasuk komoditas unggulan dan produk UMKM yang dapat dikembangkan. Beberapa komoditas unggulan dan produk UMKM di Papua antara lain pertanian: sagu, kelapa, coklat, kopi, vanili, dan kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau. Perikanan: ikan tuna, ikan kakap, lobster, udang, kepiting dan kerang. Kerajinan tangan: ukiran kayu dan batu, anyaman tikar dan topi, serta senjata tradisional. Produk makanan dan minuman: bubur kacang hijau, roti, pepes ikan dan aneka jenis masakan khas Papua.

 

 

Perjalanan Lebih Simpel

Kebijakan penyesuaian total bagasi gratis menjadi 15kg pada dasarnya dapat memberikan keuntungan bagi penumpang dengan membuat perjalanan udara semakin praktis dan mudah, antara lain:

Pertama, penumpang lebih mudah mempersiapkan bagasi mengikuti batasan berat bagasi sesuai dengan ketentuan maskapai. Hal ini membantu menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika bagasi melebihi batas berat yang diizinkan.

 

Kedua, mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan barang bawaan, penumpang mudah mengawasi barang bawaan selama penerbangan dan mengurangi potensi risiko kehilangan atau kerusakan barang bawaan.

 

Ketiga, mengurangi waktu yang dibutuhkan saat proses check-in. Batasan berat bagasi yang lebih rendah, penumpang berkontribusi dalam menyelesaikan proses check-in menjadi lebih cepat.

 

Keempat, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan bagasi dan membawanya setelah tiba di bandar udara tujuan. 

 

Kelima, penumpang akan lebih cenderung membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan saja, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengaturan bagasi.

 

Lion Air menyampaikan, tetap penting bagi penumpang untuk memeriksa ketentuan Lion Air sebelum melakukan perjalanan dan mempersiapkan diri dengan baik agar tidak terkena biaya tambahan dan menghindari ketidaknyamanan selama perjalanan.

 

Dalam upaya memberikan rasa kenyamanan untuk mempersiapkan rencana perjalanan udara lebih awal, Lion Air menghimbau, bagi calon penumpang yang memesan tiket penerbangan domestik 01 April 2023 dan setelahnya serta ingin menambah kuota bagasi, maka tetap dapat membeli bagasi pra-pesan (pre-paid baggage) maksimum 30kg ketika memesan tiket. Calon penumpang yang belum melakukan pemesanan kuota bagasi dan ingin menambah kuota bagasi, dapat membeli di konter check-in atau pusat layanan pelanggan di bandar udara.

 

 

*** Selesai ***

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial