We Make People Fly
experience

Syarat Dan Ketentuan, Kebijakan Kerahasiaan Pribadi

pdf
893 KB

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai Tiket Elektronik

Mohon dibaca catatan berikut dengan seksama. Jika Anda membutuhkan klarifikasi lebih lanjut, hubungi counter pemesanan & penjualan tiket kami atau kirim e-mail kepada kami di customercare@lionairgroup.com.

Tiket Elektronik (E-Ticket): Ingatlah bahwa Anda harus menyimpan salinan Tiket Elektronik ini sepanjang perjalanan anda karena Tiket Elektronik tersebut diperlukan untuk memasuki bandara, melakukan check-in, pengembalian uang tiket atau pertukaran tiket.

Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik ini beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.

Tiket Elektronik ini harus ditunjukkan beserta surat identifikasi yang dilampiri foto pada saat pengembalian uang tiket atau pertukaran tiket.

Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi.

Pembatalan reservasi tiket dikenakan biaya pembatalan, jika ada.

Hubungi Reservasi dan Penjualan Tiket Lion Air untuk informasi lebih lanjut.

Dengan memesan tiket ini, Anda setuju dan menerima semua syarat dan kondisi serta peraturan pembatalan dan pertukaran tiket ini.

 

1.0 Perubahan dan Pembatalan E-Tiket

Perubahan dan Pembatalan

 

Ketentuan Biaya (Penalties)

Indonesia

Airlines: Lion Air (JT), Wings Air (IW).

 

Economy Promo U/O/R/X/V/T

Economy  Y/A/W/S/B/H/K/L/M/N/Q

 

Perubahan Jadwal

   

Sebelum 72 jam

Biaya Administrasi IDR100000 per Ticket. Selisih harga dibayarkan (jika ada)

Biaya Administrasi IDR100000 per Ticket. Selisih harga dibayarkan (jika ada)

 

Antara 72 - 4 jam

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

 

Dalam 4 jam

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

 

Pembatalan Tiket

   

Di luar 72 Jam

Kapan saja. Pengenaan 25 persen dari harga tiket dasar per Kupon

Kapan saja. Pengenaan 25 persen dari harga tiket dasar per Kupon

 

Antara 72 - 4 Jam

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon

 

Dalam 4 Jam

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon.

 

Tidak muncul (NOSHOW)

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen ditambah Pajak dari harga tiket dasar per Kupon.

 

Others


- PERUBAHAN DIIJINKAN PADA RBD YANG SAMA ATAU RBD YANG LEBIH TINGGI. //DOWNGRADE TIDAK DIIJINKAN// PERUBAHAN NAMA
TIDAK DIIJINKAN//TIDAK ADA BIAYA PERUBAHAN UNTUK BAYI//PERUBAHAN PADA PEMBAYARAN MINIMUM AKAN ADA BIAYA
ADMIN PADA SETIAP JUMLAH MATA UANG YANG TERTERA DI TIKET
YANG SEBELUMNYA
 
 
 
 

 


ADMIN FEE
IDR MYR SGD THB TWD AUD USD INR VND
100,000 25.00 30.00 750 1500 150.00 100.00 1500 200,000

Indonesia

Airlines: Batik Air (ID)

 

Economy Promo X/V/T

Economy  Y/A/W/S/B/H/K

/L/M/N/Q

Business C/D/I/Z

 

Perubahan

     

Sebelum 72 jam

Biaya Administrasi IDR100000 per Ticket. Selisih harga dibayarkan (jika ada)

Biaya Administrasi IDR100000 per Ticket. Selisih harga dibayarkan (jika ada)

Bebas biaya perubahan. Selisih harga dibayarkan (Jika ada)

 

Antara 72-4 jam

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Hanya perbedaan harga
tiket yang berlaku
 

Dalam 4 jam

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon. Perbedaan harga tiket berlaku.

Hanya perbedaan harga

tiket yang berlaku
 

Pembatalan Tiket

     

Sebelum 72 jam

Kapan saja. Pengenaan 25 persen dari harga tiket dasar per

Kupon

Kapan saja. Pengenaan 25 persen dari harga tiket dasar per

Kupon

Kapan saja. Pengenaan 25 persen dari harga tiket dasar per

Kupon
 

72 - 4 hours

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per

Kupon

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per

Kupon

Kapan saja. Pengenaan 50 persen dari harga tiket dasar per Kupon

 

Dalam 4 jam

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

 

Tidak muncul (NOSHOW)

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

Kapan saja. Pengenaan 90 persen dari harga tiket dasar per Kupon.

 

Lain-lain

 

- PERUBAHAN YANG DIIJINKAN UNTUK RBD SAMA SAJA ATAU RBD LEBIH TINGGI. //DOWNGRADE TIDAK DIIJINKAN//PERUBAHAN NAMA TIDAK DIIJINKAN//TIDAK ADA BIAYA PERUBAHAN INFANT// PERUBAHAN MINIMUM PEMBAYARAN AKAN ADA BIAYA ADMIN PADA

SETIAP JUMLAH MATA UANG YANG TERTERA DI TIKET YANG SEBELUMNYA  

 
 

 

Singapore

Airlines: Lion Air (JT), Wings Air (IW), Batik Air (ID)

 

Economy Promo U/O/R/X/V/T

Economy  Y/A/W/S/B/H/K

/L/M/N/Q

Business C/D/I/Z

 

Perubahan

     

Sebelum STD

Kapan saja. Pengenaan SGD 60.00 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan SGD 60.00 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Perbedaan harga tiket

 

Tidak muncul

Kapan saja. Pengenaan SGD 60.00 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan SGD 60.00 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan SGD 60.00 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku

 

Pembatalan Tiket

     

Sebelum 4 Jam

Kapan saja. Pengenaan SGD 100.00 per Tiket

Kapan saja. Pengenaan SGD 100.00 per Tiket

Kapan saja. Pengenaan SGD 100.00 per Tiket

 

Dalam 4 Jam

Kapan saja. Hanya pajak bandara. Kelas X/R/O/U Tidak Dapat Dikembalikan.

Kapan saja. Hanya pajak bandara

Kapan saja. Hanya pajak bandara

 

Lain-lain

 

PERUBAHAN YANG DIIJINKAN UNTUK RBD SAMA SAJA ATAU RBD LEBIH TINGGI. // DOWGRADE TIDAK DIIJINKAN//PERUBAHAN NAMA TIDAK DIIJINKAN//TANPA BIAYA PERUBAHAN BAYI

 
 
 

 

Taiwan

Airlines: Batik Air (ID)

 

Economy Promo U/O/R/X/V/T

Economy  Y/A/W/S/B/H/

K/L/M/N/Q

Business C/D/I/Z

 

Perubahan

     

Sebelum 4 jam

Kapan saja. Pengenaan TWD 1,500 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan TWD 1,500 (seribu lima ratus dolar Taiwan) per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Hanya perbedaan harga tiket yang berlaku.

 

Dalam 4 jam

Kapan saja. Pengenaan TWD 3,000 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan TWD 3,000 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan TWD 3,000 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

 

Pembatalan Tiket

     

Sebelum keberangkatan

Pengenaan TWD 3,000 per Tiket

 

Setelah keberangkatan

Pengenaan TWD 3,000 per Tiket

 

Tidak Muncul (NOSHOW)

DIIJINKAN DENGAN BIAYA TWD 3,000 PER TIKET UNTUK PENERBITAN KEMBALI TIKET. PENERBITAN KEMBALI DILAKUKAN DALAM 72 JAM SETELAH WAKTU KEBERANGKATAN

 

Lain-Lain

PERUBAHAN DIIJINKAN UNTUK RBD YANG SAMA SAJA ATAU RBD YANG LEBIH TINGGI. //DOWNGRADE TIDAK DIIJINKAN//PERUBAHAN NAMA TIDAK DIIJINKAN//TANPA BIAYA PERUBAHAN UNTUK BAYI

 
 
 
 

 

Australia

Airlines: Batik Air (ID)

 

Economy Promo U/O/R/X/V/T

Economy  Y/A/W/S/B/H/

K/L/M/N/Q

Business C/D/I/Z

 

Perubahan

     

Sebelum 4 jam

Kapan saja. Pengenaan AUD 70 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan AUD 70 (tujuh puluh Australian Dollar) per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Hanya perbedaan harga tiket yang berlaku.

 

Dalam 4 jam

Kapan saja. Pengenaan AUD 150 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan AUD 150 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

Kapan saja. Pengenaan AUD 150 per Tiket. Perbedaan harga tiket berlaku.

 

Pembatalan Tiket

     

Sebelum keberangkatan

Pengenaan AUD 150 per Tiket

 

Setelah keberangkatan

Pengenaan AUD 150 per Tiket

 

Tidak Muncul (NOSHOW)

DIIJINKAN DENGAN BIAYA AUD 150 PER TIKET UNTUK PENERBITAN KEMBALI TIKET. PENERBITAN KEMBALI DILAKUKAN DALAM 72 JAM SETELAH WAKTU KEBERANGKATAN

 

Lain-Lain

PERUBAHAN DIIJINKAN UNTUK RBD YANG SAMA SAJA ATAU RBD YANG LEBIH TINGGI. //DOWNGRADE TIDAK DIIJINKAN//PERUBAHAN NAMA TIDAK DIIJINKAN//TANPA BIAYA PERUBAHAN UNTUK BAYI

 
 
 
 

 

Perhatian: Perjanjian pengangkutan dan layanan lain yang tersedia mengacu pada ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak pengangkut.
Jika perjalanan Penumpang mencakup jarak yang jauh atau transit di negara yang bukan negara asal keberangkatan, maka Konvensi Warsawa akan berlaku, yang mengatur dan dalam kebanyakan kasus, membatasi tanggung jawab perusahaan pengangkut atas kematian atau cidera serta kehilangan atau kerusakan barang bagasi.
Harap perhatikan bahwa tiket ini diatur oleh berbagai syarat dan kondisi bawaan lainnya yang tertera di bawah ini, yang dinyatakan sebagai bagian dari dokumen ini.

2.0 Informasi Umum

Pelaporan dan waktu tutup Check-In

Untuk Penerbangan Dalam Negeri Indonesia, Waktu Pelaporan Check-in dimulai 2 (dua) jam sebelum keberangkatan dan loket check-in tutup 30 (tiga puluh) menit sebelum waktu keberangkatan untuk semua kelas penumpang.

Untuk Penerbangan Internasional, Waktu Pelaporan Check-in dimulai 2 (dua) jam sebelum keberangkatan dan loket check-in tutup 45 (empat puluh lima) menit sebelum waktu keberangkatan untuk semua kelas penumpang.

Protokol tertentu harus diselesaikan oleh penumpang di bandara sebelum atau setelah diterima untuk penerbangan. Untuk menyelesaikan protokol itu dan proses check-in, penumpang diminta tiba di bandara dalam waktu secukupnya sebelum waktu keberangkatan penerbangan.

Untuk menjaga jadwal, boarding gate (gerbang dari terminal ke pesawat) akan ditutup 15 (lima belas) menit sebelum waktu keberangkatan.

Penumpang, yang tidak melapor di boarding gate pada waktu keberangkatan yang diminta, tidak akan naik pada penerbangan yang bersangkutan dan akan dianggap sebagai penumpang yang tidak muncul.

Jika terjadi keterlambatan dan salah sambung penerbangan yang tidak dalam kendali wajar Lion Air; Lion Air akan menolak tanggung jawab hukum untuk hal tersebut.

Penumpang yang mengatur penerbangan sambungan sendiri dengan maskapai lain disarankan menyediakan waktu yang cukup untuk penyambungan penerbangan atau pindah terminal atau permintaan kembali bagasi dan check-in kembali. Lion Air tidak akan bertanggung jawab atas kesalahan sambungan dengan maskapai lain di luar kendali wajar Lion Air.

Penumpang yang Tidak Muncul

Penumpang terkonfirmasi yang tidak muncul untuk penerbangan yang telah dipesan oleh mereka disebut sebagai 'Tidak Muncul'. Jika karena alasan tertentu anda tidak dapat melakukan perjalanan dengan penerbangan yang telah anda tegaskan pemesanannya, silakan hubungi Bagian Pemesanan & Penjualan tiket Lion Air sedini mungkin untuk menghindari penalti.

Overbooking (Pemesanan Kursi yang melebihi kapasitas duduk)

Jika terjadi overbooking, Lion Air akan melakukan segala upaya untuk menyediakan kursi yang telah dikonfirmasi pemesanannya; namun, tidak satu pun jaminan mutlak tentang ketersediaan kursi dimaksudkan oleh istilah-istilah pemesanan, status OK atau HK, dan waktu-waktu yang terkait dengan istilah-istilah itu.

Pembatalan/Pengembalian Uang/Booking Ulang/Percetakan Ulang Tiket

Hubungi kantor Reservasi dan Penjualan Tiket Lion Air untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan kami mengenai pembatalan dan pengembalian uang tiket.

Bayi
Kami berhak tidak mengangkut bayi berusia kurang dari 2 (dua) hari; Bayi berusia antara tiga (3) dan tujuh (7) hari memerlukan Surat Keterangan Dokter untuk menegaskan bahwa Bayi tersebut layak bepergian dengan pengangkutan udara. Surat Keterangan Dokter harus dikeluarkan 72 jam sebelum waktu keberangkatan standar.
Usia maksimal untuk Bayi adalah kurang dari 2 tahun. Bayi yang bepergian dengan Lion Air harus memiliki Formulir Ganti Rugi (F) yang ditandatangani oleh orang tua.
Penumpang Hamil

Semua ibu hamil wajib menandatangani Surat Pernyataan (SP) dan membawa surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa ibu yang hamil dalam keadaan sehat untuk bepergian menggunakan pesawat udara dan ditunjukkan pada saat check-in.

Periode (dihitung berdasarkan tanggal perkiraan persalinan)Batasan
Kehamilan tunggal tanpa komplikasi: ≤ 35 minggu

Mengisi surat pernyataan (SP).

Menyertakan sertifikat medis / Surat Keterangan Dokter, yang menyatakan:

  • Sehat untuk bepergian dengan pesawat udara
  • Jumlah usia kehamilan dalam minggu
  • Perkiraan tanggal persalinan
  • Sertifikat medis berlaku tujuh (7) hari sejak tanggal diterbitkan.
Kehamilan kembar tanpa komplikasi: ≤ 31 minggu
Kehamilan tunggal tanpa komplikasi: Di atas 35 MingguTidak boleh diberangkatkan.
Kehamilan kembar tanpa komplikasi: Di atas 31 Minggu
Semua kehamilan dengan berbagai komplikasi

3.0 Peraturan Barang Bawaan di Kabin

Bagasi Cuma - Cuma Lion Air Group

Penerbangan Domestik Lion Air - Berlaku mulai 3 Agustus 2021

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

 Economy

20 Kg

N/A

 

Penerbangan Domestik Lion Air - Berlaku mulai 1 April 2023

Rute Dari dan Ke

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

  • AMQ (Ambon)
  • BIK (Biak)
  • DJJ (Jayapura)
  • MKQ (Merauke)
  • MKW (Manokwari)
  • SOQ (Sorong)
  • TIM (Timika)
  • TTE (Ternate)

15 Kg

N/A

 

Penerbangan Internasional Lion Air - Berlaku mulai 17 Juni 2022

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

 Economy

20 Kg

N/A

Penerbangan Domestik dan Internasional Wings Air - Berlaku mulai 13 Maret 2019

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

 Economy

N/A

N/A

Penerbangan Internasional Wings Air - Berlaku mulai 22 Mei 2023

Rute Dari dan Ke

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

 PKU-MKZ atau MKZ-PKU

10 Kg

N/A

Penerbangan Domestik dan Internasional Batik Air

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

 Bayi

 Business

30 kg

N/A

 Economy

20 kg

N/A

 Penerbangan Domestik Lion Air Thai - Berlaku mulai DOI 01JUL23 dengan DOT 15JUL23

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

Promo (T,V,X,R,O,U)

N/A

N/A

Economy (Y,A,G,W,S,B,H,K,L,M,N,Q)

10kg (Max 1 bagasi)

N/A

 Penerbangan Internasional Lion Air Thai - Berlaku mulai DOI 01JUL23 dengan DOT 15JUL23

Kelas

Orang Dewasa/anak-anak

Bayi

Promo (T,V,X,R,O,U)

N/A

N/A

Economy (Y,A,G,W,S,B,H,K,L,M,N,Q)

20kg (Max 2 bagasi)

N/A

 Penerbangan Malindo Air - Berlaku mulai 22 September 2023

Semua rute kecuali dinyatakan lain di bawah

Business Flexi

Business Promo

Economy Flexi

Economy Value

Super Saver

40 kg

30 kg

30 kg

20 kg

20 kg

Bangladesh

Business Flexi

Business Promo

Economy Flexi

Economy Value

Super Saver

40 kg

40 kg

35 kg

35 kg

35 kg

Melbourne (hanya untuk OD173 / 174 / 175 / 176)

Business Flexi

Business Promo

Economy Flexi

Economy Value

Super Saver

30 kg

25 kg

35 kg

20 kg

15 kg

Tunjangan Bagasi Check-In Bayi

Bayi tanpa kursi - Jatah Bagasi Check-In Gratis sebesar 10 kg (KECUALI untuk Economy Super Saver - 0 kg).

 Kuala Lumpur (KUL) - Kathmandu (KTM)

* Jatah Bagasi Gratis untuk semua kelas Ekonomi adalah 35kg (khusus rute KUL-KTM).

* Jatah Bagasi pada rute KTM-KUL tidak berubah.

* Tidak berlaku codeshare flight (khusus penerbangan OD).

Mohon perhatikan bahwa bayi yang tidak disediakan tempat duduk tidak berhak atas kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis dan Lion Air tidak m enyediakan kursi yang disediakan khusus untuk bayi.

Peraturan Keselamatan

Sesuai dengan peraturan keselamatan yang berlaku, penumpang dianjurkan untuk:
  1. Tidak m enerima paket apapun dari penumpang yang tidak dikenal.
  2. Tidak meninggalkan barang bawaan tanpa pengawasan di waktu kapan pun, terutama di dalam wilayah bandara. Barang bawaan yang tidak dijaga dapat dicurigai dan disita oleh staf keamanan bandara.
  3. Menyatakan bahwa penumpang sedang membawa senjata atau bahan peledak sebelum check-in. Pernyataan semacam itu termasuk ke dalam pelanggaran Undang-Undang dan Peraturan Pesawat Terbang.
Barang-Barang Yang Tidak Boleh Dibawa

baterai kering, pisau, gunting, benda tajam , peralatan, senjata api, amunisi dan replika mainan dari benda-benda tersebut tidak boleh dibawa ke kabin penum pang.

Benda-Benda Berharga

Uang, logam mulia, perhiasan, instrument yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kabin oleh penumpang. Lion Air tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.

Benda-Benda yang Boleh Dibawa dengan Syarat Tertentu

Obat-obatan dan perlengkapan kosmetik seperti hair spray, parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa oleh penum pang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda-benda ini boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikem as sesuai dengan peraturan kargo.

Benda-Benda Bawaan yang Berbahaya

Untuk alasan keselamatan, benda-benda berbahaya seperti yang disebutkan di bawah ini tidak boleh dibawa oleh penumpang

  1. Barang Bawaan (Tas, Koper dan bungkusan lainnya) yang dipasangi alarm .
  2. Gas padat - (didinginkan, mudah terbakar, tidak mudah terbakar dan beracun) seperti butana, oksigen, nitrogen cair, tabung aqualung dan tabung gas padat.
  3. Zat Korosif–seperti asam , alkali, m erkuri dan sel baterai cair serta wadah yang m engandung merkuri.
  4. Bahan peledak – amunisi, kembang api dan pistol api. Amunisi termasuk tempat am unisi yang kosong, pistol, kem bang api dan bagian dari pistol.
  5. Zat cair serta padat yang m udah terbakar seperti refill pemantik, bahan bakar pemantik, korek api, cat, thinner, pemantik api yang harus dibalik sebelum dinyalakan.
  6. Zat radioaktif
  7. Materi yang teroksidasi seperti bubuk pemutih dan peroksida
  8. Zat beracun dan yang dapat m enim bulkan infeksi seperti insektisida, pembunuh ilalang dan m ateri virus hidup.
  9. Benda-benda berbahaya lainnya seperti materi yang dimagnetisasi, yang dapat m elukai atau m embuat iritasi.
  10. Agen etiologis (bakteri, virus, dll.)
  11. Zat-zat yang m engandung m erkuri tidak boleh dibawa oleh penum pang.

Perubahan jadwal

Lion Air berhak membatalkan atau m engubah rencana keberangkatan, jadwal, rute, pesawat terbang atau tempat transit penerbangan m ana pun yang tiketnya telah dibayarkan, kapan pun dan dari waktu ke waktu, untuk alasan apa pun, tanpa pem beritahuan kepada penumpang yang terkena dam pak dari perubahan tersebut, dan oleh karena itu, perusahaan pengangkut tidak bertanggung jawab kepada Penum pang atas pem batalan atau perubahan tersebut, baik yang disebabkan oleh Force Majeure (kejadian yang berada di luar kuasa m anusia); dengan syarat bahwa perusahaan pengangkut dapat dan berhak mem berikan hal-hal berikut secara sepihak kepada Penum pang yang terkena dam pak pem batalan atau perubahan tersebut:
(1) Mengatur ulang rute ke tem pat tujuan yang tertera pada Tiket Penum pang dalam jangka waktu yang wajar dengan m enggunakan jasa Perusahaan Pengangkut itu sendiri; atau
(2) Mengembalikan uang tiket ke Penumpang dengan sejumlah yang tidak lebih besar dari apa yang telah dibayar oleh Penumpang untuk penerbangan yang bersangkutan.

 

4.0 Pengangkutan Penderita Cacat

  1. Penumpang yang menderita cacat yang membutuhkan bantuan khusus harus memberitahukan kebutuhan khususnya kepada Perusahaan Pengangkut pada saat booking. Perusahaan Pengangkut akan m engangkut Penum pang tersebut jika telah m engatur sem ua kebutuhan khusus Penum pang tersebut. Jika Penumpang tersebut tidak memberitahukan kebutuhan khususnya pada saat booking, Perusahaan Pengangkut akan tetap berupaya untuk m engakom odasi kebutuhan khusus Penum pang tersebut. Penum pang penderita cacat yang telah m emberitahu Perusahaan Pengangkut m engenai kebutuhan khususnya pada saat booking dan telah diterim a oleh Perusahaan Pengangkut tidak akan ditolak untuk diangkut karena kondisi cacat atau kebutuhan khususnya. Akan tetapi, peraturan Perusahaan Pengangkut atau pem erintah dapat berlaku untuk pengangkutan Penumpang penderita cacat.
  2. Perusahaan Pengangkut dapat meminta Penumpang penderita cacat untuk melakukan perjalanan bersam a Asistennya sendiri jika memang diperlukan untuk alasan keselamatan atau jika Penumpang tersebut tidak dapat menjalankan proses evakuasinya sendiri atau tidak dapat m engerti instruksi-instruksi keselamatan.
  3. Perusahaan Pengangkut akan menolak untuk mengangkut, atau menurunkan Penumpang yang tindakan atau keputusannya untuk tidak mengambil tindakan memberikan bukti kepada Perusahaan Pengangkut bahwa kondisi m ental atau fisiknya tidak m emungkinkan untuk m enjaga diri sendiri tanpa bantuan orang lain di lokasi manapun, kecuali jika ia ditem ani oleh seorang Asisten yang bertanggung jawab untuk m enjaganya di sepanjang perjalanan dan, dengan penjagaan dari seorang Asisten, ia tidak m embutuhkan perhatian atau bantuan yang intensif dari kru pesawat.
  4. Perusahaan Pengangkut berhak mem inta bukti kesehatan dari institusi m edis yang berwenang jika suatu perjalanan udara disertai oleh risiko atau bahaya yang tidak umum dihadapi oleh Penumpang atau orang lain (termasuk bayi dalam kandungan pada kasus penumpang yang hamil).
  5. Penum pang yang menderita cacat tidak diperbolehkan duduk di barisan kursi yang diperuntukkan untuk pintu darurat atau barisan jalan keluar darurat di depan sayap.
  6. Perusahaan Pengangkut berhak berhenti menerima Penumpang yang harus melakukan perjalanan udara di atas tandu pada penerbangan m ana pun.
  7. Perusahaan Pengangkut tidak akan menolak mengangkut kursi roda penumpang atau alat bantu penderita cacat lainnya, kecuali jika alat tersebut bertentangan dengan peraturan keselam atan penerbangan. Sebagai tambahan dari kuota barang bawaan yang boleh dibawa oleh Penumpang dengan gratis, Perusahaan Pengangkut juga m enerim a kursi roda Penumpang atau alat bantu penderita cacat lainnya sebagai barang bawaan yang diprioritaskan untuk di check-in tanpa dikenakan biaya angkut.

5.0 Penolakan Pengangkutan

Perusahaan Pengangkut berhak menolak untuk mengangkut atau menurunkan Penumpang dari penerbangan apa pun untuk alasan apa pun, termasuk tetapi tidak terbatas pada alasan- alasan berikut:

  1. Permintaan atau Peraturan Pemerintah – Kapan pun tindakan tersebut perlu diambil untuk mematuhi peraturan pemerintah atau memenuhi permintaan pemerintah dalam hal pengangkutan darurat terkait dengan keamanan nasional, atau terkait dengan alasan cuaca atau kondisi lainnya yang berada di luar kuasanya (term asuk tetapi tidak terbatas kepada Tindakan Tuhan, atau force Majeure, mogok kerja, kekacauan sipil, embargo, perang, pertikaian atau gangguan) baik yang terjadi di tempat, yang berupa ancaman, maupun atas laporan pihak tertentu.
  2. Pencarian Penumpang atau Properti – Jika Penumpang menolak untuk diperiksa, baik tubuh maupun barang bawaannya untuk mencari bahan peledak, senjata atau alat berbahaya yang tersebunyi.
  3. Bukti Identitas/Usia – Jika seorang Penumpang menolak untuk menyediakan bukti usia atau identitas seperti yang diminta oleh Perusahaan Pengangkut, Perusahaan Pengangkut dapat menolak mengangkut Penumpang tersebut kapan pun secara sepihak. Sebagai tambahan, Perusahaan Pengangkut dapat meminta bukti usia kepada Penumpang yang melakukan perjalanan dalam penerbangan tertentu yang mem iliki batas usia minimum. Bukti identitas yang diterima adalah dokumen pendudukan yang diakui oleh Negara (Kartu Tanda Penduduk, Surat Ijin Pengemudi, Akta kelahiran, paspor). Kelalaian dalam menunjukkan bukti ini seperti yang diminta dapat berujung kepada penolakan pengangkutan.
  4. Persyaratan Dokumen Perjalanan - Perusahaan Pengangkut akan menolak untuk mengangkut Penumpang yang menurut Perusahaan Pengangkut :
    1. Dokumen perjalanannya tidak lengkap atau;
    2. Masuknya Penumpang ke dalam, transit melalui atau embarkasi dari Kanada atau dari embarkasi lainnya yang bertentangan dengan hukum.
    3. Masa Berlaku Paspor kurang dari 6 (enam) bulan.
  5. Sikap/Tindak-Tanduk Penumpang-Perusahaan Pengangkut dapat mengenakan sanksi kepada orang yang melakukan atau pernah melakukan tindakan tertentu di pesawat Perusahaan Pengangkut, atau jika Perusahaan Pengangkut tahu atau yakin bahwa Penumpang pernah melakukan tindakan tertentu terhadap properti Bandara atau pesawat Perusahaan Pengangkut lainnya yang menurut Perusahaan Pengangkut dapat membawa dampak negatif terhadap keselamatan, kenyamanan atau kesehatan orang tersebut, penumpang Perusahaan Pengangkut lainnya, pegawai atau agen Perusahaan Pengangkut, kru udara atau pesawat atau operasional pesawat pengangkut (“Tindakan yang Dilarang”).
    (a) Contoh Tindakan yang Dilarang yang dapat berujung kepada pengenaan sanksi:
    1. kehilangan kesadaran akibat konsumsi atau penggunaan alkohol atau obat- obatan sebelum boarding atau di sepanjang penerbangan;
    2. Bertindak aneh, tidak senonoh atau tidak pantas terhadap Penumpang lain atau
    3. Mengancam, melecehkan, mengintimidasi, menyerang atau melukai Penumpang lain atau pegawai atau agen Perusahaan Pengangkut; pegawai atau agen Perusahaan Pengangkut;
    4. Mengotak-atik atau sengaja merusak pesawat terbang, peralatannya atau properti Perusahaan Pengangkut lainn ya;
    5. Lalai mematuhi semua instruksi, termasuk semua instruksi untuk menghentikan Tindakan yang Dilarang, yang diberikan oleh pegawai Perusahaan Pengangkut;
    6. memasuki atau berusaha memasuki dek penerbangan tanpa ijin;
    7. merokok atau berusaha merokok dalam pesawat;
    8. bersumpah serapah atau membawa senjata berbahaya di dalam pesawat (selain dari pengawal yang sedang bertugas atau petugas perdam aian yang mematuhi peraturan Perusahaan Pengangkut).
  6. Berikut adalah sanksi tunggal atau kombinasi yang dapat diterapan oleh Perusahaan Pengangkut kepada seseorang:
    (b)
    1. Peringatan tertulis atau lisan
    2. Penolakan boarding ke pesawat terbang;
    3. Diturunkan dari pesawat terbang di titik lokasi tertentu;
    4. Meminta orang tersebut untuk membuat pernyataan tertulis bahwa ia tidak akan mengulangi Tindakan yang Dilarang tersebut maupun Tindakan yang Dilarang lainnya sebagai syarat untuk dapat melakukan perjalanan udara berikutnya dengan Perusahaan Pengangkut dengan masa percobaan maksimal satu tahun;
  7. Perusahaan Pengangkut berhak menerapkan sanksi atau sejumlah sanksi yang dianggap layak secara sepihak jika kasus pelanggaran tersebut sangat serius.
  8. Tindakan yang Dilarang yang dijelaskan dalam paragraf (a) iii, iv, vi atau viii biasanya disertai dengan larangan penerbangan dengan menggunakan jasa Perusahaan Pengangkut yang bersangkutan secara perm anen atau untuk waktu yang tidak terbatas. Staf layanan pelanggan dan staf keamanan Perusahaan Pengangkut serta staf layanan pelanggan bandara dan kru udara diberi wewenang individual untuk mengenakan sanksi seperti yang dijelaskan dalam paragraf (b) i, ii atau iii di atas. Anggota departemen layanan pelanggan dan keamanan Perusahaan Pengangkut memiliki wewenang untuk menerapkan sanksi seperti yang dijelaskan dalam paragraf (b) iv atau v di atas dan akan m engkaji ulang rincian setiap kasus sebelum menerapkan sanksi tersebut. Perusahaan Pengangkut akan memberikan peringatan tertulis akan penerapan sanksi yang tertera dalam paragraf (b) iv atau v di atas.
  9. Siapa pun yang diberikan sanksi seperti yang tertera dalam paragraf (b) v dapat merespon secara tertulis kepada Perusahaan Pengangkut dan memberikan alasan mengapa Perusahaan Pengangkut sebaiknya menarik sanksi tersebut. Perusahaan Pengangkut dapat menarik sanksi paragraf (b) v, jika menurut Perusahaan Pengangkut dan menurut riwayat orang yang bersangkutan, orang tersebut tidak akan terlibat dalam Tindakan yang Dilarang di masa depan dan Perusahaan Pengangkut akan menyampaikan keputusannya kepada orang yang bersangkutan dalam jangka waktu yang wajar.
  10. Terlepas dari pernyataan tertulis lainnya dalam Tarif ini, satu-satunya tanggung jawab Perusahaan Pengangkut kepada orang yang ditolak untuk diangkutnya setelah insiden Tindakan yang Dilarang adalah sebagian dari mengembalikan harga tiket yang tidak digunakan atau sebagian dari uang pem bayaran tiket milik orang tersebut.
  11. Tanggung Jawab Perusahaan Pengangkut atas Penolakan Pengangkutan seorang Penumpang
  12. Kecuali jika dinyatakan lain dalam Peraturan 8 dan sejauh yang diijinkan oleh hukum, Perusahaan Pengangkut tidak bertanggung jawab kepada Penumpang atau orang mana pun terkait dengan penolakan boarding atau pengangkutan orang yang bersangkutan ke dalam pesawat Perusahaan Pengangkut atau menurunkan seorang Penumpang dari pesawat di titik tertentu sepanjang penerbangan; Perusahaan Pengangkut juga tidak bertanggung jawab kepada Penum pang atau orang lainnya atas penolakan boarding atau pengangkutan atau penurunan Penumpang atau orang lain di atau dari pesawat.

6.0 Perjalanan Domestik

  1. Perusahaan Pengangkut harus mematuhi peraturan Undang-Undang Transportasi Udara Indonesia (1939/100) dan syarat barang bawaan, tarif serta jadwal yang berlaku (kecuali waktu keberangkatan dan kedatangan yang tertera di dalam nya) serta peraturan Perusahaan Pengangkut yang m erupakan bagian dari perangkat peraturan tersebut dan yang dapat diperiksa di kantor booking Perusahaan Pengangkut.
  2. Tiket penum pang ini hanya berlaku untuk orang dengan nam a yang tertera dalam tiket ini dan tidak dapat ditransfer ke orang lain. Penum pang setuju bahwa Perusahaan Pengangkut berhak m emeriksa apakah tiket pesawat digunakan oleh orang yang memang berhak menggunakannya. Jika tiket tersebut digunakan oleh orang yang memiliki nam a lain dari yang tertera dalam tiket ini, Perusahaan Pengangkut berhak m enolak m engangkut orang tersebut dan hak pengangkutan pemilik sah tiket tersebut akan hangus.
  3. Perusahaan Pengangkut berhak mengganti Perusahaan Pengangkut lain untuk pelaksanaan kontrak dan untuk m engubah tem pat transit yang telah disetujui.
  4. Perusahaan Pengangkut tidak bertanggung jawab untuk kerusakan apa pun yang diakibatkan oleh pem batalan dan/atau keterlambatan pengangkutan, term asuk keterlambatan kedatangan penumpang dan keterlambatan pengiriman bagasi.
  5. Bagasi yang telah diperiksa hanya akan diserahkan kepada penumpang setelah diberi label.
  6. Perusahaan Pengangkut bertanggung jawab atas kerusakan atau hilangnya bagasi penum pang sesuai dengan Undang-Undang Transportasi Udara Indonesia (1939/100) dan kondisi bagasi Perusahaan Pengangkut.
  7. Bagasi dianggap telah diterima dalam kondisi yang baik dari tangan Penumpang kecuali jika Penumpang menyatakan lain pada saat menerima bagasinya.
  8. Semua klaim harus disertai bukti jum lah kerugian yang diderita. Tanggung jawab untuk kehilangan atau kerusakan bagasi penum pang dibatasi hingga Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per kilogram .
  9. Perusahaan Pengangkut tidak bertanggung jawab atas benda-benda yang mudah pecah atau mudah rusak dan binatang hidup jika diangkut sebagai bagasi.
  10. Tidak ada agen, pegawai maupun perwakilan Perusahaan Pengangkut yang berhak m\engubah atau membatalkan sebagian atau seluruh ketentuan yang berlaku atas pengangkutan, tarif, jadwal dan peraturan lainn ya milik Perusahaan Pengangkut.
  11. Penumpang yang namanya tertera di tiket ini diasuransikan oleh PT. Asuransi Kerugian Jasa Raharja sesuai dengan UU no. 33/1964 juncto peraturan im plem entasinya.

7.0 Penerbangan Internasional

  1. Syarat dan kondisi pengangkutan yang berlaku hanya untuk penerbangan Internasional; harus mematuhi kontrak dalam tiket ini. Tiket ini tidak sah dan tidak akan diterima kecuali jika dibeli dari Perusahaan Pengangkut yang menerbitkan tiket ini atau dari agen perjalanan resminya.
  2. Peringatan dari pemerintah dan pajak, tarif serta bia ya yang dikenakan oleh bandara: harga tiket bisa jadi sudah termasuk pajak, tarif dan biaya yang dikenakan atas transportasi udara oleh pemerintah. Pajak, tarif serta biaya yang mewakili sebagian besar ongkos perjalanan udara disertakan ke dalam biaya tiket atau dicantumkan secara terpisah di kotak bertuliskan “PAJAK/TARIF/BIAYA” dalam tiket ini. Anda juga dapat diwajibkan untuk m em bayar pajak, tarif dan bia ya yang belum dipungut.

Syarat Syarat Kontrak:

  1. Dalam kontrak ini, “tiket” berarti tiket penum pang dan pem eriksaan bagasi ini. “pengangkutan” sama dengan “transportasi”, “pengangkut” berarti sem ua pesawat pengangkut yang m engangkut penumpang atau bagasinya atau menyediakan jasa lain yang terkait dengan pengangkutan udara. “KONVENSI WASAWA” berarti Konvensi Penyatuan Peraturan-Peraturan Tertentu Terkait Pengangkutan Udara Internasional yang ditandatangani di Warsawa tanggal 12 Oktober 1929, atau Konvensi yang telah diamandemen di Den Haag tanggal 28 Septem ber 1955.
  2. Pengangkutan dalam kontrak ini harus m em atuhi peraturan dan batasan tanggung jawab yang ditentukan dalam Konvensi W arsawa, kecuali jika pengangkutan tersebut bukanlah “pengangkutan internasional” seperti yang didefinisikan dalam Konvensi tersebut.
  3. Sejauh tidak bertentangan dengan pengangkutan yang dilakukan dan jasa lain yang disediakan oleh pengangkut harus mem atuhi: (i) ketentuan yang terdapat dalam tiket ini, (ii) tarif yang berlaku, (iii) syarat-syarat pengangkutan yang diterapkan oleh Pengangkut serta peraturan terkait yang m enjadi bagiannya (dan yang berlaku di kantor Pengangkut), kecuali untuk transportasi antara suatu tempat di AS atau Kanada dan tem pat di luar negara tersebut di m ana tarif negara tersebutlah yang akan berlaku.
  4. Nama Pengangkut dapat disingkat di dalam tiket, nama panjang dan singkatannya tertera di tarif, syarat pengangkutan, peraturan atau jadwal Pengangkut; alam at Pengangkut adalah terminal keberangkatan bandara yang tertera di sebelah singkatan pertama nama Perusahaan Pengangkut di dalam tiket; tem pat transit yang telah disetujui adalah tem pat-tem pat yang tertera dalam tiket ini atau yang tertera dalam jadwal Pengangkut di sepanjang rute perjalanan; pengangkutan yang dilaksanakan oleh beberapa pengangkut secara berturut-turut dianggap sebagai operasi tunggal.
  5. Pengangkut yang m enerbitkan tiket perjalanan untuk perusahaan penerbangan lainnya hanya m elakukannya sebagai agen.
  6. Pengecualian atau batasan tanggung jawab pengangkut hanya berlaku untuk keuntungan agen, pem bantu dan perwakilan pengangkut dan siapa pun yang pesawatnya digunakan oleh pengangkut untuk pengangkutan dan agen, pelayan serta perwakilannya.
  7. Bagasi yang diperiksa akan diserahkan kepada bagian pemeriksaan bagasi.Jika terjadi kerusakan pada bagasi penerbangan internasional, keluhannya harus diajukan secara tertulis kepada pengangkut setelah kerusakan tersebut diketahui, selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah bagasi diterima; jika terjadi penundaan, keluhan harus diberikan selam bat-lam batnya 21 (dua puluh satu) hari setelah bagasi dikirim. Lihat tarif atau syarat pengangkutan untuk perjalanan non-internasional.
  8. Harga tiket ini dapat berubah sebelum penerbangan dilaksanakan Pengangkut dapat menolak mengangkut penum pang yang belum m elunasi harga tiket.
  9. Pengangkut berupaya sekeras mungkin untuk mengangkut penumpang dan bagasi dalam waktu yang tepat. Waktu yang tertera dalam jadwal bukan merupakan jaminan dan tidak tertera dalam kontrak. Pengangkut dapat m engubah waktu penerbangan atau pesawat dan dapat mengubah lokasi transit jika diperlukan.

8.0 Paspor dan Visa

Kewajiban Penumpang
  1. Setiap penumpang yang hendak melakukan penerbangan lintas batas internasional bertanggung jawab untuk memperoleh semua dokumen perjalanan dan kesehatan yang diwajibkan oleh hukum , peraturan, perintah, permintaan atau persyaratan negara asal penerbangan dan negara tujuan, dan kecuali jika dinyatakan sebaliknya oleh hukum yang berlaku, membebaskan Pengangkut dari segala tuntutan atas kelalaian Penum pang dalam melengkapi dokumen yang diperlukan, baik yang diberikan secara lisan atau tertulis; maupun atas dampak dari kelalaian tersebut.
  2. Sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku, Penumpang harus membayar tiket atas perintah Pengangkut, Pemerintah atau pihak Imigrasi, dan Pengangkut harus mengembalikan Penumpang ke lokasi asalnya atau ke tempat lain jika Penumpang tidak dapat masuk atau dideportasi dari negara transit atau negara tujuan. Harga Tiket yang berlaku adalah harga yang diterapkan jika tiket aslinya menunjukkan tujuan yang berbeda. Dalam situasi semacam itu, Pengangkut tidak akan mengembalikan uang tiket kepada Penumpang untuk penerbangan yang tidak dapat diikuti oleh Penumpang untuk alasan-alasan ini. Jika Pengangkut diharuskan membayar atau mendepositkan denda atau penalti tersebut atau mengeluarkan biaya atas kelalaian Penumpang dalam mematuhi hukum dan peraturan atau persyaratan penerbangan lainnya di negara asal atau negara tujuan, Penumpang dapat dimintai ganti rugi untuk ini.

 

9.0 Nasihat Kepada Penumpang Penerbangan International Mengenai Batasan Tanggung Jawab

Penumpang perjalanan jauh atau yang harus transit di negara selain negara asal penerbangan sebaiknya mengetahui bahwa Konvensi Warsawa berlaku untuk perjalanan ini.

Bagi Penumpang yang berangkat dari atau menuju atau transit di AS, Konvensi dan kontrak khusus pengangkutan menyatakan bahwa adalah tanggung jawab dari pihak-pihak pengangkut tertentu untuk menyediakan kontrak kematian atau cidera kepada penumpang yang jumlahnya biasanya tidak melebihi AS$75.000 per penumpang.

Untuk penumpang yang melakukan perjalanan dengan Pengangkut yang tidak menyediakan kontrak khusus semacam itu atau tidak berangkat dari atau menuju atau transit di AS, maka tanggung jawab Pengangkut untuk kematian atau cidera penumpang dibatasi menjadi AS$10.000 atau AS$20.000.

Nama pengangkut serta pihak yang terlibat dalam kontrak khusus semacam itu tersedia di kantor pengangkut dan dapat diperiksa atas permintaan tertentu.

Perlindungan tam bahan biasanya diperoleh dari asuransi perusahaan swasta. Asuransi tersebut tidak akan dipengaruhi oleh batasan tanggung jawab Pengangkut dalam Konvensi Warsawa maupun kontrak khusus.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi perwakilan perusahaan asuransi atau penerbangan Anda.


*Catatan: batasan tanggung jawab sebesar AS$75.000 di atas sudah term asuk biaya legal dan biaya-biaya lainnya kecuali dalam kasus klaim yang diajukan di negara bagian tem pat ketentuan tersebut dibuat yang m engenakan biaya legal tam bahan, di m ana tanggung jawab tersebut dibatasi menjadi AS$58.000, tidak termasuk biaya legal.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Mengenai Batasan Tanggung Jawab Bagasi:

Tanggung jawab atas kehilangan, penundaan atau kerusakan bagasi dibatasi kecuali nilai yang lebih tinggi telah dinyatakan sebelum nya dan biaya-biaya tambahan telah dibayar.

Bagi kebanyakan penerbangan internasional (termasuk bagian dom estik dari perjalanan internasional), batasan tanggung jawabnya adalah AS$9.07 per pon (AS$20.00 per kilo) untuk bagasi yang diperiksa dan AS$400.00 per penumpang untuk bagasi yang tidak diperiksa.

Untuk perjalanan yang sepenuhnya berada di AS, peraturan Federal mewajibkan tanggung jawab bagasi penumpang sebesar minimal AS$1.250 per penumpang.

Beberapa pengangkut tidak bertanggung jawab atas barang-barang berharga atau yang mudah pecah.

Hubungi pengangkut untuk informasi lebih lanjut.

Apabila terjadi pemahaman yang berbeda dalam Ketentuan Pengangkutan ini, maka akan di gunakan pemahaman yang di tulis dalam Bahasa Inggris.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.lionair.co.id diterbitkan oleh Lion Air.

Jakarta, 16 Maret 2009.
Dokumen ini diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia oleh Penerjemah Tersumpah.

10.0 Layanan Pemesanan Makanan Lion Air

  1. Pemesanan melalui Pre-Booked Meals (PBM) dapat dilayani selambat-lambatnya 24 jam sebelum jam penerbangan, bersamaan dengan pemesanan tiket dan atau setelah pembelian ticket.
  2. Jenis PBM yang dipesan akan tercantum pada ticket receipt customer dan dapat di klaim ke awak cabin kami selama melakukan penerbangan, sesuai dengan rute yang tertera pada receipt.
  3. Pesanan yang telah dilakukan dapat ditukar dengan menu lain yang senilai, apabila pesanan tersebut mengalami kerusakan atau hal lain yang menyebabkan pesanan tidak layak di konsumsi.
  4. Makanan yang dipesan tidak dapat dibatalkan, dipindahtangankan, ataupun ditukar setelah melakukan pemesanan.
  5. Penggantian biaya order PBM akan dikembalikan, apabila terjadi pembatalan sepihak penerbangan oleh pihak Lion Air.
  6. Pembatalan pesanan tidak dapat dilakukan, apabila terjadi perubahan jadwal atas permintaan penumpang (re-schedule atau pax no show).
  7. Makanan aktual dapat bervariasi. Gambar hanya untuk tujuan ilustratif saja.
  8. Makanan yang tersedia dalam penerbangan Lion Air dapat saja mengandung unsur-unsur kacang dan bahan-bahan alergen lainnya.

Kebijakan Kerahasiaan Pribadi

Kebijakan Kerahasiaan Pribadi yang berikut ini menguraikan bagaimana kami, Lion Air (PT Lion Mentari dan afiliasinya, “kami” atau “milik kami”), mengumpulkan, menyimpan, mengolah, memakai, memegang, mengalihkan, mengungkapkan dan melindungi Informasi Pribadi anda (sebagaimana yang didefinisikan di bawah ini). Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini berlaku kepada semua pemakai situs web kami (www.lionair.co.id), program aplikasi, pelayanan dan/atau produk (“Pelayanan”), kecuali kalau dicakup oleh kebijakan yang terpisah.

Bacalah Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini secara mendalam untuk memastikan bahwa anda mengerti praktek pengolahan data kami. Kecuali kalau didefinisikan lain, semua istilah yang dimulai dengan huruf besar dan dipakai di Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini memiliki arti yang sama seperti yang diberikan kepada mereka di Ketentuan Pemakaian.

Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini mencakup hal-hal yang berikut ini:

  1. Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  2. Pemakaian Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  3. Berbagi Informasi Pribadi yang kami kumpulkan
  4. Pemegangan Informasi Pribadi
  5. Akses dan perbaikan Informasi Pribadi
  6. Tempat kami menyimpan Informasi Pribadi anda
  7. Keamanan Informasi Pribadi anda
  8. Perubahan pada Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini
  9. Pengakuan, persetujuan dan penghapusan
  10. Bahan pemasaran dan promosi
  11. Data yang anonim
  12. Wahana-wahana pihak ketiga
  13. Cara menghubungi kami

1. Informasi Pribadi Yang Kami Kumpulkan

Kami mengumpulkan informasi yang mengenali atau dapat dipakai untuk mengenali, menghubungi atau menemukan orang atau alat yang terkait dengan informasi itu (“Informasi Pribadi”). Informasi Pribadi mencakup tetapi tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon, nomor fax, alamat email, rincian rekening bank dan kartu kredit, jenis kelamin, kartu tanda pengenal (yang mencakup KTP, SIM atau paspor) atau tanda kenal lain yang diterbitkan oleh pemerintah, foto dan kewarganegaraan. Selain itu, sejauh informasi lain, yang mencakup riwayat pribadi, tanda kenal yang unik dan/atau informasi biometrik terkait atau digabungkan dengan Informasi Pribadi, informasi itu juga merupakan Informasi Pribadi. Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dapat diberikan oleh anda dengan langsung atau lewat pihak ketiga (misalnya ketika anda mengakses situs web kami, mendaftarkan diri ke Pelayanan kami atau memakai program aplikasi kami, ketika anda menghubungi bagian pelayanan pelanggan kami atau anda secara lain memberikan Informasi Pribadi kepada kami). Kami dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai bentuk dan untuk berbagai tujuan (yang mencakup tujuan-tujuan yang diijinkan oleh hukum yang berlaku).

Informasi yang dikumpulkan kapan pun anda mengakses atau memakai Pelayanan kami
  • Kapan pun anda mendaftarkan diri ke atau melakukan pemesanan dari Pelayanan kami, kami dapat mewajibkan anda memberikan kepada kami sejumlah Informasi Pribadi, yang mencakup nama, alamat fisik, alamat email, nomor telepon, tanda pengenal (KTP Nasional dan/atau Paspor) dan/atau pencirii serta kata sandi (password) yang akan anda pakai untuk terus mengakses atau memakai Pelayanan kami. Kami juga dapat mengumpulkan informasi tentang keadaan medis yang dapat mempengaruhi pengaturan penerbangan;
  • Kami dapat mengumpulkan informasi tambahan sehubungan dengan partisipasi anda dalam promosi atau kompetisi apa pun yang ditawarkan oleh kami dan informasi yang anda berikan ketika anda memberi umpan balik kepada kami;
  • Kapan pun anda mengakses atau memakai atau melakukan pemesanan dari Pelayanan kami, kami dapat mengumpulkan informasi berdasarkan pengalaman anda dalam memakai Pelayanan kami, yang mencakup pilihan perjalanan, tempat tujuan yang lebih disukai dan rincian keanggotaan penumpang sering ( frequent flyer) pada perusahaan penerbangan;
  • Kapan pun anda mengakses atau memakai Pelayanan kami, kami dapat mengumpulkan sejumlah data teknis tentang pemakaian anda, misalnya alamat protokol Internet, informasi ketika halaman-halaman situs web dikunjungi sebelumnya atau sesudahnya, lamanya setiap kunjungan atau sesi, identitas alat Internet atau alamat kendali akses media dan juga informasi tentang produsen, 4 model dan sistem operasi alat yang anda pakai untuk mengakses Pelayanan kami;
  • Kapan pun anda mengakses atau memakai Pelayanan kami, sejumlah informasi juga dapat dikumpulkan secara otomatis dengan memakai cookies atau penjejak situs. Cookies adalah arsip program aplikasi kecil yang disimpan di komputer atau alat bergerak anda. Kami memakai cookies atau penjejak situs untuk menjejaki kegiatan dan pola lalu lintas pemakai untuk meningkatkan antar-muka dan pengalaman pemakai. Sebagian besar computer, alat bergerak dan mesin pencari Internet mendukung pemakaian cookies. Anda dapat menyesuaikan setelan-setelan di alat bergerak atau mesin pencari Internet anda untuk menolak beberapa jenis cookies tertentu atau sejumlah cookies tertentu. Komputer, alat bergerak dan/atau mesin pencari Internet anda juga akan memungkinkan anda menghapus pada setiap saat cookies apa pun yang telah disimpan sebelumnya. Namun, berbuat demikian dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia di Pelayanan kami;
  • Kapan pun anda mengakses atau memakai Pelayanan kami melalui komputer atau alat bergerak anda, kami akan menjejaki dan mengumpulkan keterangan lokasi geografis anda secara langsung. Dalam beberapa hal, anda akan diminta atau diwajibkan mengaktifkan Sistem Penentuan Posisi Global (GPS) yang ada di alat bergerak anda untuk memungkinkan kami memberi anda pengalaman yang lebih baik dalam memakai Pelayanan (misalnya memberi anda informasi tentang mata uang yang terkait dengan lokasi anda atau anjuran tentang tempat tujuan paling popular yang dikunjungi oleh para pemakai lain dari lokasi yang serupa). Anda dapat selalu memilih untuk mematikan (disable) informasi penjejakan lokasi geografis itu di alat bergerak anda secara sementara. Namun, hal itu dapat mempengaruhi fungsi-fungsi yang tersedia di Pelayanan kami; dan/atau
  • Jika anda memakai dan/atau ketika pembayaran dilakukan melalui cara pembayaran elektronik yang disediakan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami, kami dapat mengumpulkan informasi yang terkait dengan sumber dana anda (yang mencakup rekening bank, kartu kredit/debet dan/atau rincian pembayaran yang lain), riwayat transaksi dan rincian penagihan (yang mencakup nama, alamat penagihan, alamat email atau nomor telepon).
Informasi yang dikumpulkan dari pihak ketiga

Sejauh yang diijinkan oleh hukum yang berlaku, kami juga dapat mengumpulkan Informasi Pribadi anda dari pihak ketiga (yang mencakup agen, pemasok, supplier, kontraktor, mitra dan segala pihak lain yang menyediakan pelayanan kepada kami, melaksanakan fungsi-fungsi atas nama kami atau yang bekerjasama dengan kami). Dalam kasus-kasus itu, kami akan mengumpulkan Informasi Pribadi anda hanya untuk atau sehubungan dengan tujuan-tujuan pelibatan pihak-pihak ketiga itu atau tujuan-tujuan kerja sama kami dengan mereka (sebagaimana kemungkinan kasusnya).

Keterangan tentang pihak ketiga yang anda berikan kepada kami

Anda dapat memberi kami Informasi Pribadi yang terkait dengan orang-orang lain yang merupakan pihak ketiga (yang mencakup Informasi Pribadi yang terkait dengan suami/istri, anggota keluarga, teman anda atau orang lain). Tentu saja, anda akan memerlukan persetujuan mereka untuk berbuat demikian – lihat “Pengakuan, persetujuan dan penghapusan,” di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

2. Pemakaian Informasi Pribadi Yang Kami Kumpulkan

Kami dapat memakai Informasi Pribadi yang dikumpulkan untuk mana pun di antara tujuan yang berikut ini dan tujuan-tujuan lain sebagaimana yang diijinkan oleh hukum yang berlaku (“Tujuan”):

  1. Jika anda adalah pemakai, kami dapat memakai Informasi Pribadi anda untuk:
    • Mengenali anda dan mendaftarkan anda sebagai pemakai serta mengurus, memverifikasi, me-non-aktifkan atau mengelola rekening anda sebagai demikian;
    • Memfasilitasi atau memungkinkan verifikasi sebagaimana yang menurut kebijakan kami dapat dianggap perlu oleh kami sebelum kami mendaftarkan anda sebagai pemakai atau sebelum kami melanjutkan pemesanan anda;
    • Mengolah dan memfasilitasi pemesanan dan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh anda;
    • Menegaskan identitas anda sebagai penumpang, memfasilitasi pengaturan muatan anda, melaksanakan check-in (pelaporan masuk) dan online checkin bagasi anda;
    • Berkomunikasi dengan anda dan mengirimkan anda informasi sehubungan dengan akses atau pemakaian Pelayanan, yang mencakup pemberitahuan pra-penerbangan, melalui pos, email, telepon (yang mencakup SMS), fax atau bentuk komunikasi yang lain;
    • Memberitahu anda tentang setiap pemutakhiran atau perubahan pada Pelayanan;
    • Mengolah dan menanggapi permintaan keterangan dan umpan balik yang diterima dari anda, yang mencakup dukungan untuk setiap urusan atau permintaan yang mungkin anda miliki;
    • Memelihara, mengembangkan, menguji, meningkatkan mutu dan mewujudkan Pelayanan untuk memenuhi kebutuhan dan pilihan anda sebagai pemakai;
    • Memantau dan menganalisa kegiatan, perilaku dan data kependudukan pemakai, yang mencakup kecenderungan dan pemakaian Pelayanan;
    • Menerbitkan resensi anda tentang Pelayanan kami maupun produk-produk yang tertera di Situs;
    • Menyelesaikan setiap perselisihan, yang mencakup penagihan bayaran yang belum lunas;
    • Mengolah dan mengelola angka-angka hadiah anda dan partisipasi anda di program-program kesetiaan pelanggan kami;
    • Melaksanakan penjualan komersil di pesawat terbang;
    • Menawarkan atau menyediakan Pelayanan dari para afiliasi atau mitra kami;
    • Mengirimkan anda berita pemasaran langsung atau yang bersasaran, rekomendasi, iklan, voucher, survei dan informasi tentang tawaran atau promosi khusus serta pemasaran digital yang mencakup tetapi tidak terbatas pada media sosial, iklan display, optimisasi mesin pencari, pemasaran lewat mesin pencari dan pemberitahuan dengan tekan tombol yang menerapkan teknik grafis;
    • Mematuhi segala persyaratan hukum dan/atau instansi pengatur; dan/atau
    • Untuk tujuan lain apa pun yang kami beritahukan kepada anda ketika kami mengumpulkan Informasi Pribadi anda.
  2. Kami juga dapat memakai Informasi Pribadi anda secara lebih umum untuk tujuan-tujuan yang berikut ini (walaupun dalam setiap kasus tersebut kami akan selalu bertindak wajar dan memakai Informasi Pribadi tidak lebih daripada apa yang diperlukan untuk tujuan tertentu tersebut):
    • Melakukan proses dan fungsi usaha yang terkait;
    • Memantau pemakaian Pelayanan dan mengurus, mendukung serta meningkatkan efisiensi kinerja, pertumbuhan, pengalaman pemakai dan fungsi-fungsi Pelayanan;
    • Memberikan bantuan sehubungan dengan dan menyelesaikan setiap kesulitan teknis atau masalah operasional sehubungan dengan Pelayanan;
    • Menghasilkan informasi statistik dan data analitis anonim untuk pengujian, penelitian , analisa, pengembangan produk, kemitraan komersil dan kerja sama;
    • Mencegah, mendeteksi dan menyelidiki setiap kegiatan yang terlarang, illegal, tanpa ijin atau bersifat menipu;
    • Memfasilitasi transaksi usaha (yang dapat mencakup peleburan, akuisisi atau penjualan aset) yang melibatkan kami dan/atau mana pun di antara afiliasi kami; dan/atau
    • Memungkinkan kami mematuhi kewajiban kami berdasarkan hukum apa pun yang berlaku (yang mencakup tetapi tidak terbatas pada tanggapan terhadap permintaan keterangan, penyelidikan atau perintah oleh instansi pengatur) dan melaksanakan pemeriksaan audit, due diligence (penelitian yang semestinya tentang keuangan, hukum dan lain-lain) dan penyelidikan.

3. Berbagi Informasi Pribadi Yang Kami Kumpulkan

  1. Kami dapat mengungkapkan kepada atau berbagi Informasi Pribadi anda dengan para afiliasi kami pihak ketiga lainnya untuk mana pun di antara tujuan yang berikut ini maupun tujuan-tujuan lain sebagaimana yang diijinkan oleh hukum yang berlaku:
    • Jika Pelayanan disediakan oleh atau atas nama kami oleh para afiliasi kami atau pihak ketiga yang lain, untuk menyediakan Pelayanan kami atau memungkinkan afiliasi-afiliasi atau pihak ketiga tersebut melanjutkan pemesanan atau permintaan anda;
    • Jika diwajibkan atau diijinkan oleh hukum yang berlaku (yang mencakup tetapi tidak terbatas pada tanggapan terhadap permintaan keterangan, penyelidikan atau perintah oleh instansi pengatur, atau mematuhi persyaratan pelaporan dan pengajuan menurut perundang-undangan atau instansi pengatur), untuk tujuan-tujuan yang ditetapkan demikian oleh hukum yang berlaku;
    • Jika ada bentuk proses hukum apa pun di antara anda dan kami, atau di antara anda dan pihak lain, sehubungan atau terkait dengan Pelayanan, sebagaimana maksud proses hukum itu;
    • Sehubungan dengan verifikasi apa pun yang menurut kebijakan kami dapat dianggap perlu oleh sebelum kami mendaftarkan anda sebagai pemakai atau sebelum kami melanjutkan pemesanan anda;
    • Dalam keadaan atau keadaan darurat tentang kesehatan, keselamatan. Kepentingan vital atau kepentingan lain yang sah, untuk menangani keadaan atau keadaan darurat tersebut;
    • Sehubungan dengan peleburan, penjualan aset perusahaan, penggabungan atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi semua atau sebagian dari usaha kami oleh atau ke dalam perusahaan lain, untuk pelaksanaan transaksi tersebut (walaupun transaksi tersebut akhirnya mungkin tidak dilaksanakan);
    • Kepada para pihak ketiga (yang mencakup para agen, pemasok, supplier, kontraktor, mitra kami dan segala pihak lain yang menyediakan pelayanan kepada kami atau anda, melaksanakan fungsi atas nama kami atau yang dengannya kami mengadakan kerjasama komersil) untuk atau sehubungan dengan tujuan-tujuan yang untuknya para pihak ketiga tersebut dilibatkan atau tujuan-tujuan kerjasama kami dengan para pihak ketiga tersebut (sebagaimana kemungkinan peristiwanya), yang dapat mencakup diijinkannya para pihak ketiga tersebut memperkenalkan atau menawarkan produk atau pelayanan kepada anda atau melaksanakan kegiatan lain yang mencakup pemasaran, penelitian, analisa dan pengembangan produk; dan/atau
    • Jika kami berbagi Informasi Pribadi dengan para afiliasi, kami akan berbuat demikian agar mereka membantu kami menyediakan Pelayanan, menjalankan usaha kami (yang mencakup tujuan pemasaran langsung jika anda telah berlangganan dengan daftar pengiriman surat kami) atau agar mereka melaksanakan pengolahan data atas nama kami. Misalnya sebuah afiliasi Kelompok Lion Air di sebuah negeri lain dapat mengolah dan/atau menyimpan Informasi Pribadi anda atas nama Kelompok Lion Air di negeri anda.
  2. Kami dapat mengungkapkan kepada atau berbagi Informasi Pribadi anda dengan para afiliasi kami atau pihak ketiga lain, baik yang terletak di dalam negeri ataupun luar negeri, yang mencakup tetapi tidak terbatas pada para penyedia hosting situs web, analisa data, pemasaran, promosi, pengolahan transaksi kartu kredit dan pelayanan lain yang terkait. Jika kami mengungkapkan kepada atau berbagi Informasi Pribadi anda dengan para afiliasi kami atau pihak ketiga yang lain, kami akan menerapkan upaya-upaya yang wajar untuk memastikan para afiliasi atau pihak ketiga tersebut melindungi dan mengolah Informasi Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini dan hukum yang berlaku. Informasi Pribadi anda tetap tunduk pada standar atau perlindungan menurut persyaratan berdasarkan hukum negeri anda.
  3. Jika tidak perlu untuk Informasi Pribadi dikaitkan dengan anda, kami akan menerapkan upaya-upaya wajar kami untuk menyingkirkan jalan/cara yang berdasarkannya Informasi Pribadi itu dapat dikaitkan dengan anda sebagai perseorangan sebelum mengungkapkan atau berbagi informasi tersebut.
  4. Kami tidak akan menjual atau menyewakan Informasi Pribadi anda.
  5. Kecuali sebagaimana yang ditentukan di Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini, kami dapat mengungkapkan atau berbagi Informasi Pribadi anda jika kami memberitahu anda dan kami telah mendapatkan persetujuan anda untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.

4. Pemegangan Informasi Pribadi

  1. Informasi Pribadi anda akan dipegang hanya selama ia diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulannya atau selama pemegangan itu diwajibkan atau diijinkan oleh hukum yang berlaku. Kami akan berhenti memegang Informasi Pribadi anda atau menyingkirkan jalan atau cara yang berdasarkannya Informasi Pribadi itu dapat dikaitkan dengan anda sebagai perseorangan begitu ada kewajaran untuk beranggapan bahwa tujuan pengumpulan Informasi Pribadi itu tidak dipenuhi lagi oleh pemegangannya dan pemegangan itu tidak diperlukan lagi untuk tujuan hukum atau usaha. Dalam keadaan yang demikian, kami akan menerapkan upaya-upaya wajar kami untuk menyediakannya dari para afiliasi kami atau pihak ketiga lain yang kami bagi Informasi Pribadi anda.
  2. Namun, perhatikanlah bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa di antara Informasi Pribadi anda mungkin masih dipegang oleh para afiliasi atau pihak ketiga lain tersebut jika pemegangan tersebut masih diwajibkan atau diijinkan oleh hukum yang berlaku kepada para afiliasi atau pihak ketiga lain tersebut. Selain itu, informasi yang disampaikan secara langsung melalui komunikasi di antara anda dan pihak-pihak lain yang bertindak atas nama kami atau bermitra dengan kami dalam menyediakan Pelayanan (misalnya lewat panggilan telepon, email atau cara komunikasi lain) dapat juga dipegang dengan cara tertentu. Kami tidak mengijinkan dan mendorong pemegangan Informasi Pribadi dengan cara-cara itu dan kami tidak bertanggung jawab kepada anda untuk hal tersebut dan kami juga tidak bertanggung jawab secara hukum untuk pemegangan Informasi Pribadi anda tersebut. Anda setuju akan mengganti rugi, membela dan membebaskan kami, para direksi, komisaris, pegawai, agen, mitra, pemasok, kontraktor dan afiliasi kami dari serta terhadap segala macam tuntutan, kerugian, kewajiban keuangan, pengeluaran, ganti rugi dan biaya (yang mencakup tetapi tidak terbatas pada biaya dan pengeluaran hukum secara ganti rugi penuh) yang timbul langsung atau tidak langsung dari pemegangan Informasi Pribadi anda tanpa ijin.

5. Akses dan Perbaikan Informasi Pribadi

  1. Dengan tunduk pada hukum yang berlaku, anda dapat minta kami untuk mengakses dan/atau memperbaiki Informasi Pribadi anda yang kami pegang dan kendalikan dengan menghubungi kami di rincian yang disediakan di bawah ini.
  2. Sejauh yang diijinkan atau diwajibkan oleh hukum yang berlaku mana pun, kami mencadangkan hak untuk menolak permohonan anda untuk mengakses atau memperbaiki beberapa atau semua Informasi Pribadi anda yang kami pegang atau kendalikan. Hal itu mencakup keadaan-keadaan jika Informasi Pribadi mungkin berisi penyebutan orang-orang lain atau jika permohonan untuk mengakses atau memperbaiki tersebut adalah demi alasan-alasan yang secara wajar kami anggap kecil sekali, sembrono atau menjengkelkan.

6. Tempat Kami Menyimpan Informasi Pribadi

  1. Informasi Pribadi yang kami kumpulkan dari anda dapat disimpan di, dipindahkan kepada atau diolah oleh para penyedia pelayanan yang merupakan pihak ketiga. Kami akan menerapkan semua upaya yang wajar untuk memastikan bahwa semua penyedia pelayanan tersebut benar-benar memberikan tingkat perlindungan yang setara dengan komitmen-komitmen kami berdasarkan Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini.
  2. Informasi Pribadi anda juga dapat disimpan atau diolah di luar negeri anda oleh personalia yang bekerja untuk kami di negeri-negeri lain atau oleh para penyedia pelayanan kami yang merupakan pihak ketiga, para pemasok, supplier, mitra, kontraktor atau afiliasi kami. Dalam hal yang demikian, kami akan memastikan bahwa Informasi Pribadi tersebut benar-benar tetap mengalami tingkat perlindungan yang setara dengan yang diwajibkan berdasarkan hukum negeri anda (dan, walau bagaimanapun, sesuai dengan komitmen-komitmen kami yang tertera di Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini).

7. Keamanan Informasi Pribadi Anda

Kerahasiaan Informasi Pribadi anda amat penting bagi kami. Kami akan menerapkan semua upaya yang wajar untuk melindungi dan mengamankan Informasi Pribadi anda terhadap setiap akses, pengumpulan, pemakaian atau pengungkapan oleh orang yang tidak berijin dan terhadap pengolahan yang tidak sah, kehilangan tidak sengaja, pemusnaan dan kerusakan atau risiko yang serupa. Sayangnya, pengiriman informasi lewat Internet tidak sepenuhnya aman. Walaupun kami akan melakukan upaya terbaik kami untuk melindungi Informasi Pribadi anda, kami mengakui bahwa kami tidak dapat menjamin keutuhan dan ketepatan setiap Informasi Pribadi yang anda kirimkan lewat Internet dan juga tidak dapat menjamin bahwa Informasi Pribadi tersebut tidak akan dicegat/dipintas, diakses, diungkapkan, diubah atau dimusnakan dengan cara apa pun oleh pihak ketiga tanpa ijin karena faktor-faktor yang ada di luar kendali kami. Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan rincian rekening anda dan anda tidak boleh berbagi rincian rekening anda, yang mencakup kata sandi anda, Kata Sandi untuk Satu Kali saja (OTP) maupun hal-hal pribadi yang lain dengan siapa pun dan anda selalu memelihara serta sepenuhnya bertanggung jawab untuk keamanan alat-alat yang anda pakai.

8. Perubahan Pada Kebijakan Kerahasiaan Pribadi Ini

Kami dapat meninjau ulang dan mengubah Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini menurut kebijakan kami sendiri sewaktu-waktu untuk memastikan bahwa Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini sesuai dengan perkembangan kami di hari kemudian dan/atau perubahan pada persyaratan hukum atau peraturan. Jika kami putuskan akan mengubah Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini, kami akan memberitahu anda tentang perubahannya melalui pemberitahuan tertulis di situs atau program aplikasi kami, atau secara lain ke alamat email anda yang disebutkan di rekening anda. Anda setuju bahwa anda benar-benar bertanggung jawab untuk melihat kembali Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini untuk mendapatkan informasi terkini tentang praktik pengolahan data dan perlindungan data kami dan bahwa akses atau pemakaian Pelayanan secara berkelanjut oleh anda atau komunikasi anda dengan kami setelah setiap perubahan pada Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini akan merupakan pengakuan dan persetujuan anda tentang Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini dan semua perubahannya.

9. Pengakuan, Persetujuan dan Penghapusan

  1. Dengan mendaftarkan diri ke, mengakses dan/atau memakai Pelayanan, anda mengakui bahwa anda telah membaca dan mengerti Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini dan anda menyetujui semua ketentuannya. Yang terutama, anda setuju dan mengijinkan kami mengumpulkan, menyimpan, memakai, memegang, memindahkan, mengungkapkan atau secara lain mengolah Informasi Pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini.
  2. Dengan menyetujui Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini, anda menjamin bahwa informasi, yang mencakup Informasi Pribadi, yang telah anda berikan adalah benar dan tepat, sedang berjalan dan lengkap sebagaimana yang diwajibkan di formulir pendaftaran atau sebagaimana yang diminta oleh kami dan anda akan memutakhirkan informasi itu untuk menjaganya agar tetap benar, tepat, lengkap dan mutakhir.
  3. Dalam keadaan di mana anda memberi kepada kami Informasi Pribadi yang terkait dengan orang-orang lain (misalnya Informasi Pribadi yang terkait dengan suami/istri, anggota keluarga, teman anda atau pihak lain), anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah mendapatkan persetujuan orang yang bersangkutan untuk dan dengan ini serta atas nama orang itu setuju dengan pengumpulan, pemakaian pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadinya oleh kami.
  4. Anda dapat menarik persetujuan anda dengan salah satu atau semua pengumpulan, pemakaian atau pengungkapan Informasi Pribadi anda pada setiap saat dengan memberi kami pemberitahuan dalam waktu yang wajar secara tertulis dengan memakai rincian komunikasi yang disebutkan di bawah ini. Anda juga dapat menarik persetujuan anda kepada kami untuk mengirimkan anda komunikasi dan informasi tertentu melalui fasilitas “opt-out” (memilih untuk keluar dari daftar pengiriman surat dll) atau “unsubscribe” (berhenti berlangganan) yang tercantum di pesan-pesan kami kepada anda. Karena bergantung pada keadaan dan sifat persetujuan yang akan anda tarik, anda harus mengerti dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan tersebut, anda mungkin tidak dapat lagi memakai Pelayanan. Penarikan persetujuan oleh anda dapat menyebabkan pengakhiran rekening anda atau hubungan kontraktual anda dengan kami, sedangkan semua hak dan kewajiban yang telah timbul tetap sepenuhnya dicadangkan. Begitu menerima pemberitahuan anda untuk menarik persetujuan tentang pengumpulan, pemakaian atau pengungkapan Informasi Pribadi anda, kami akan memberitahu anda tentang kemungkinan akibat-akibat penarikan tersebut sehingga anda dapat putuskan apakah anda ingin menarik persetujuan tersebut.
  5. Begitu persetujuan anda ditarik, atau berdasarkan permintaan anda jika anda merasa bahwa Informasi Pribadi anda (i) telah dikumpulkan dan diolah tanpa persetujuan anda atau dengan cara-cara yang tidak mematuhi hukum yang berlaku dan/atau (ii) tidak lagi relevan dengan maksud pengolahan sebagaimana yang disebutkan di Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini (yang dalam kasus-kasus tersebut sebaiknya dibuktikan dengan bukti yang jelas, lengkap dan absah yang dapat dibuktikan kebenarannya), kami akan berhenti mengumpulkan, memakai atau mengungkapkan Informasi Pribadi anda kecuali kalau diwajibkan oleh hukum atau jika kami memiliki urusan yang sah atau tujuan yang sah untuk tetap mengolah Informasi Pribadi tersebut.
  6. Anda menyatakan dan menjamin bahwa anda setidak-tidaknya berusia 18 tahun atau sudah menikah dan tidak di bawah perwalian atau pengasuhan dan bahwa anda secara hukum cakap dan berhak mengikat diri anda serta menyetujui Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini. Jika anda tidak memenuhi persyaratan itu tetapi masih mengakses atau memakai Pelayanan, anda menyatakan dan menjamin bahwa tindakan anda mengakses atau memakai Pelayanan telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengasuh anda. Anda dengan tegas mengabaikan segala hak berdasarkan hukum yang berlaku untuk membatalkan atau mencabut segala macam persetujuan yang telah anda berikan menurut Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini ketika anda dianggap dewasa secara hukum.
  7. Anda sepenuhnya mengerti dan setuju bahwa Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini merupakan perjanjian elektronik dan tindakan anda menekan tombol “sign-up” ketika membuat sebuah rekening, tombol “log in” ketika melapor masuk ke dalam rekening anda, atau tombol “continue” ketika anda melanjutkan pemesanan atau permintaan anda merupakan persetujuan aktif anda untuk mengadakan perjanjian dengan kami sehingga Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini secara sah berlaku dan mengikat serta akan berlanjut selama anda mengakses atau memakai Pelayanan. Anda tidak boleh menggugat atau mempertentangkan keabsahan Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini yang dibuat dalam bentuk elektronik.

10. Bahasan Pemasaran dan Promosi

Kami dan para mitra kami, yang mencakup afiliasi atau pihak ketiga yang lain, mungkin mengirimkan anda komunikasi pemasaran, iklan dan promosi langsung melalui program aplikasi pemberitahuan secara tekan tombol, pesan di situs web atau program aplikasi, pos, panggilan telepon, SMS dan email (“Bahan Pemasaran”) jika anda telah setuju berlangganan dengan mailing list (daftar pengiriman surat/berita/pemberitahuan) dan/atau setuju akan menerima bahan pemasaran maupun promosi dari kami. Anda dapat melakukan opt-out sehingga tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut pada setiap saat dengan meng-klik fasilitas “unsubscribe” yang dimasukkan ke dalam pesan yang bersangkutan atau secara lain menghubungi kami dengan memakai rincian komunikasi yang disebutkan di bawah ini. Mohon perhatikan bahwa jika anda opt-out, kami mungkin masih mengirimkan anda pesan-pesan non-promosi, misalnya tanda terima penerbangan atau informasi tentang rekening anda.

11. Data Anonim

Kami dapat membuat, memakai, melisensikan atau mengungkapkan Informasi Pribadi, namun dengan syarat (i) bahwa semua tanda pengenal telah dihapus sehingga data tersebut, secara sendiri atau secara gabungan dengan data lain yang tersedia, tidak dapat dianggap berasal dari atau terkait dengan atau tidak dapat mencirii siapa pun dan (ii) yang telah digabungkan dengan data serupa sehingga data yang semula merupakan bagian dari seperangkat data yang lebih besar.

12. Wahana Pihak Ketiga

  1. Situs, program aplikasi dan Bahan Pemasaran kami dapat berisi link-link ( sambungan) ke situs-situs web yang dijalankan oleh pihak ketiga. Kami tidak mengendalikan atau menerima pelayanan atau tanggung jawab hukum untuk situs-situs web tersebut dan juga untuk pengumpulan, pemakaian, pengolahan, pembagian atau pengungkapan data dan informasi oleh pihak ketiga tersebut. Mohon tanyakan ketentuan dan persyaratan serta kebijakan kerahasiaan pribadi situs-situs web pihak ketiga itu untuk mencari tahu cara mereka mengumpulkan dan memakai Informasi Pribadi anda.
  2. Iklan yang tercantum di situs web, program aplikasi atau Bahan Pemasaran kami berfungsi sebagai link ke situs web pemasang iklan dan, karena itu setiap informasi yang mereka kumpulkan karena anda meng-klik link itu akan dikumpulkan dan dipakai oleh pemasang iklan yang bersangkutan sesuai dengan kebijakan kerahasiaan pribadi pemasang iklan yang bersangkutan.

13. Cara Menghubungi Kami

Jika anda memiliki pertanyaan apa pun tentang Kebijakan Kerahasiaan Pribadi ini atau anda ingin mendapatkan akses, melakukan perbaikan pada atau minta penghapusan Informasi Pribadi anda mohon hubungi customercare@lionairgroup.com.