Newsroom
Berita terbaru dari Lion Air
Imbauan Perjalanan Lion Group Terkait Dampak Cuaca Kurang Baik dan Bencana Alam
J A K A R T A, 26 November 2025. Lion Group menyampaikan imbauan perjalanan kepada seluruh pelanggan sehubungan dengan perkembangan cuaca kurang baik di berbagai wilayah Indonesia serta potensi bencana alam yang dapat memengaruhi kelancaran operasional penerbangan.
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber resmi seperti BNPB dan BMKG, kondisi cuaca di Indonesia pada umumnya didominasi berawan hingga hujan ringan. Namun, terdapat wilayah yang berpotensi mengalami peningkatan hujan dengan intensitas sedang - tinggi, yaitu:
- Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan.
Selain itu, beberapa wilayah diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yaitu:
- Bengkulu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Utara.
Kondisi cuaca ekstrem serta bencana alam termasuk kategori force majeure, yaitu situasi di luar kendali perusahaan.
Dampak operasional yang terjadi karena cuaca kurang baik dan bencana alam
- Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan penerbangan,
- Terganggunya rotasi atau pergerakan pesawat di berbagai bandar udara.
- Penundaan atau pembatalan.
Seluruh penyesuaian dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, sebagai prioritas utama Lion Group.
Lion Group terus memantau kondisi cuaca melalui sumber resmi dan berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan.
Imbauan Perjalanan bagi Pelanggan
1. Tiba Lebih Awal di Bandar Udara
Lion Group mengimbau seluruh pelanggan untuk tiba minimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan guna mengantisipasi potensi gangguan perjalanan akibat kondisi cuaca.
2. Perhatikan Akses Jalur Darat ke Bandar Udara
Pada sejumlah wilayah, jalur darat menuju bandar udara dapat terputus atau tidak dapat dilalui karena cuaca atau bencana alam. Jika pelanggan terdampak dan tidak dapat mencapai bandar udara, Lion Group memberikan kemudahan:
- Lion Group memberikan kemudahan perubahan jadwal (reschedule) tanpa dikenakan potongan biaya, sesuai aturan yang berlaku dari Lion Group. Ketentuan ini tidak berlaku untuk perpindahan jadwal pada periode peak season 19 Desember 2025 – 5 Januari 2025.
- Pengembalian dana penuh (refund full fare) sesuai ketentuan dan kanal pembelian tiket.
- Refund Layanan Tambahan (Ancillary Services)
Lion Group juga menyediakan refund full fare untuk seluruh layanan tambahan yang belum digunakan manfaatnya, seperti:
- Prepaid baggage (bagasi prabayar)
- Seat assignment (pilih kursi)
- Pre-book meals & merchandise (pesan makanan dan merchandise sebelum terbang)
- Excess baggage ticket (kelebihan bagasi)
- Medical request (permintaan layanan medis) serta layanan tambahan lainnya.
Refund layanan tambahan (ancillary), pengajuan harus dilakukan bersamaan dengan refund tiket penerbangan, sesuai aturan yang berlaku dari Lion Group. Jika tiket penerbangan telah digunakan, sementara layanan tambahan belum digunakan, kemudian diajukan refund secara terpisah, maka pengajuan tersebut tidak dapat diproses karena tidak memenuhi ketentuan refund ancillary.
Metode Pengajuan Refund – Force Majeure:
- Refund Layanan Tambahan (Ancillary Services)
- Melalui website resmi Lion Group, atau
- Melalui agen perjalanan terkait (offline maupun online) sesuai tempat pembelian.
Contoh: Jika pembelian dilakukan melalui www.lionair.co.id, maka proses pengajuan refund dilakukan melalui websitetersebut.
*** Selesai ***
Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:
Ikuti kami di media sosial

