We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Seni Pengecatan Pada Bodi Pesawat: Keunggulan dan Keunikan Livery di Batam Aero Technic

Mei 21, 2024, 19.37 PM by Lion Air Public Relations

B A T A M, 20 Mei 2024 – Livery atau corak pada pesawat berfungsi sebagai identitas visual maskapai penerbangan dan mencerminkan nilai-nilai dan semangat perusahaan. Di Batam Aero Technic (BAT), memahami pentingnya livery yang unik dan mengesankan. Setiap desain yang dihasilkan merupakan perpaduan antara inovasi, estetika dan fungsionalitas. BAT bekerja sama dengan klien (maskapai) untuk memastikan setiap corak mencerminkan karakteristik unik dari maskapai, baik dari segi warna, motif dan detail lainnya.

 

 

Layanan Unggulan Batam Aero Technic

1. BAT dilengkapi dengan fasilitas modern dan tim ahli yang berpengalaman dalam pengecatan pesawat. Proses pengecatan dilakukan dengan menggunakan teknologi terkini untuk memastikan hasil yang tahan lama dan sesuai dengan standar internasional.

2. Selain pengecatan, BAT juga menawarkan layanan pembuatan dan pemasangan stiker berkualitas tinggi. Stiker ini dapat digunakan untuk menambah elemen desain pada bodi pesawat, memberikan fleksibilitas dan kreativitas tambahan bagi maskapai dalam menampilkan identitas visual mereka.

3. Tim desain berdedikasi untuk menciptakan corak pesawat menarik secara visual, praktis dan mudah diaplikasikan. BAT menyediakan layanan lengkap mulai dari konsep desain hingga produksi dan pemasangan, memastikan setiap detail diperhatikan secara seksama.

 

Di Batam Aero Technic, percaya bahwa setiap pesawat adalah kanvas yang unik dan memiliki potensi untuk mengekspresikan identitas dan visi maskapai penerbangan. Dengan keahlian dalam pengecatan dan desain livery, BAT berkomitmen memberikan hasil terbaik bagi pelanggan (maskapai).

 

 

Tahapan dalam Proses Pengecatan Bodi Pesawat

1. Proses pengecatan dimulai dengan persiapan awal, yaitu pembersihan dan penghilangan cat lama dari bodi pesawat. Dilakukan dengan menggunakan teknik pengamplasan atau chemical stripping untuk memastikan permukaan bodi pesawat bebas dari kotoran dan sisa-sisa cat sebelumnya.

2. Setelah pembersihan, teknisi akan memeriksa bodi pesawat untuk mendeteksi kerusakan atau ketidaksempurnaan pada permukaan. Setiap penyok atau retakan akan diperbaiki untuk memastikan permukaan bodi pesawat benar-benar rata dan siap untuk proses pengecatan.

3. Bagian-bagian tertentu dari pesawat yang tidak akan dicat, seperti jendela, roda pendaratan, dan sensor, akan ditutupi atau di-mask untuk melindunginya selama proses pengecatanMasking ini dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan tidak ada area yang terkena cat secara tidak sengaja.

4. Primer adalah lapisan dasar yang diterapkan pada permukaan bodi pesawat untuk meningkatkan adhesi cat dan melindungi logam dari korosi. Penerapan primer biasanya dilakukan dalam beberapa lapisan tipis untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Setelah primer kering, cat dasar diaplikasikan, sebagai warna utama pesawat yang akan menjadi latar belakang untuk desain livery. Setelah cat dasar kering, desain livery yang telah dirancang akan diterapkan menggunakan teknik pengecatan atau pemasangan stiker khusus.

6. Clear coat adalah lapisan akhir yang diaplikasikan di atas cat dasar dan livery untuk memberikan perlindungan tambahan serta memberikan tampilan yang mengkilap dan menarik. Clear coat juga membantu melindungi cat dari goresan dan kerusakan akibat cuaca.

7. Setelah semua lapisan cat dan clear coat kering, pesawat akan melalui tahap inspeksi akhir untuk memastikan kualitas pengecatan memenuhi standar yang ditetapkan. Setiap ketidaksempurnaan akan diperbaiki, dan pesawat akan dibersihkan sebelum siap untuk kembali beroperasi.

 

 

*** Selesai ***

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial