We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Ketentuan Perjalanan Udara: Para Penumpang Dilarang Meletakkan (Menyimpan) Barang Berharga di Bagasi Tercatat (check-in)

Apr 16, 2024, 12.10 PM by Lion Air Public Relations

  • Harus Meletakkan Barang Berharga pada Kompartemen Kabin dan Menjaga Bagasi Kabinnya
  • Wajib Memperhatikan Penempatan Barang Berharga Sebelum – Saat – Setelah Penerbangan.

 

 

J A K A R T A – 10 April 2024. Lion Group menyampaikan kembali himbauan dan mewajibkan kepada seluruh penumpang agar memperhatikan penempatan barang berharga dalam mempersipkan rencana perjalanan dan selama penerbangan. Penumpang wajib menyampaikan informasi yang aktual kepada petugas check-in bahwa tidak ada barang berharga di dalam bagasi tercatat dan barang berharga dibawa ke dalam bagasi kabin

 

Lion Group menyarankan penumpang dilarang meletakkan barang berharga pada bagasi tercatat (bagasi yang didaftarkan saat check-in), agar penumpang meletakkan barang-barang berharga di atas tempat duduknya dan menjaga bagasi kabinnya, bukan di dalam bagasi tercatat. Hal ini sesuai dalam ketentuan yang sudah tertulis dalam tiket dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 77 Tahun 2011.

 

Jenis dan kategori barang berharga untuk dimasukkan ke dalam bagasi kabin, sebagai berikut:

1. Laptop, tablet dan bentuk komputer portable lainnya.

2. Kamera, peralatan fotografi dan lensa.

3. Perhiasan dan barang-barang berharga lainnya, seperti emas, berlian dan perak.

4. Dokumen penting, seperti paspor, tiket pesawat dan dokumen bisnis.

5. Barang elektronik lainnya, seperti smartphone, iPod dan charger.

6. Obat-obatan atau suplemen yang diperlukan selama perjalanan.

7. Uang tunai, kartu kredit dan dokumen keuangan lainnya.

8. Kategori barang berharga lainnya.

 

Alasan penumpang harus meletakkan barang-barang berharga di dalam bagasi kabin, karena:

  • Penumpang yang membawa barang berharga ke dalam kabin pesawat, dapat menjaga barang miliknya sendiri.
  • Penumpang secara mudah mengakses dan memantau barang mereka selama penerbangan serta memudahkan mengambil barang-barang berharga apabila dibutuhkan serta ketika turun dari pesawat.
  • Penumpang berkontribusi menciptakan suasana penerbangan lebih aman dan nyaman.

 

Lion Group menegaskan bahwa pihak maskapai tidak bertanggungjawab atas kerusakan atau kehilangan barang berharga yang terdapat di dalamnya apabila penumpang tetap membawa barang bawaan kategori berharga di dalam bagasi tercatat (bagasi yang didaftarkan saat check-in).

 

*** Selesai ***

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial