We Make People Fly
experience

Newsroom

Berita terbaru dari Lion Air

Menciptakan Konektivitas Intra-Pulau Flores Wings Air Segera Melayani Rute BAJAWA ke LABUAN BAJO

Mei 13, 2022, 12.12 PM by Lion Air Public Relations

 

Satu-satunya maskapai yang terbang langsung dengan menghubungkan Kabupaten Ngada dan Kabupaten Manggarai Barat sejalan mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Bali – Nusa Tenggara.

 

B A J A W A – 09 Mei 2022. Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group mulai 12 Mei 2022 terbang kembali dari Bandar Udara Bajawa Soa atau Bajawa di Kabupaten Ngada (BJW) tujuan Labuan Bajo melalui Bandar Udara Komodo di Kabupaten Manggarai Barat (LBJ). Penerbangan ini dibuka kembali dalam mengakomodir kebutuhan atau permintaan angkutan udara penumpang berjadwal domestik yang kedua kabupaten berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Penerbangan Bajawa – Labuan Bajo – Bajawa dilayani 1 (satu) kali setiap hari atau 7 (tujuh) kali dalam sepekan. Seluruh operasional dan layanan penerbangan dijalankan menurut ketentuan yang berlaku, memenuhi aspek-aspek yang memenuhi keselamatan, keamanan serta sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Kota Asal

Kota Tujuan

No. Terbang

Jadwal Berangkat

Jadwal Tiba

Frekuensi

Bajawa

Labuan Bajo

IW-1927

12.00 WITA

12.35 WITA

1x sehari

Labuan Bajo

Bajawa

IW-1926

12.55 WITA

13.30 WITA

1x sehari

Ketersediaan jadwal keberangkatan dan kedatangan yang dinilai tepat sesuai kebutuhan pasar (masyarakat, wisatawan dan pebisinis), akan menempatkan Wings Air sebagai satu-satunya maskapai yang melayani langsung.

Wings Air menawarkan tarif tiket satu kali jalan, mulai dari Rp 553.400 rute Bajawa ke Labuan Bajo dan Labuan Bajo ke Bajawa mulai dari Rp 558.400.

Upaya Wings Air pada pembukaan jaringan intra-Pulau Flores tersebut untuk:

  1. Mempermudah mobilisasi orang dan barang, mampu mempersingkat waktu tempuh dengan jalur udara berkisar 35 menit, dengan demikian mampu memperpendek jarak sehingga wisatawan dan pebisnis termasuk masyarakat mendapatkan nilai lebih.
  2. Membantu dalam membentuk jalur transportasi udara yang saling terhubung yang berdampak kemudahan untuk melanjutkan penerbangan ke kota-kota lainnya semakin luas: intra-Pulau Flores, intra-NTT dan domestik.
  • dari Bandar Udara Komodo terhubung ke Denpasar (Bali), Ende, Kupang, Makassar, Mataram–Lombok, Maumere, Jakarta, Surabaya, Bima, Sumbawa, Balikpapan, Manado, Kendari dan kota lainnya.
  • dari Bandar Udara Eltari Kupang (KOE) terkoneksi ke Alor, Atambua, Denpasar, Ende, Labuan Bajo, Larantuka, Lewoleba, Mataram—Lombok, Maumere, Rote, Ruteng, Tambolaka, Waingapu, Bandung, Jakarta–Soekarno–Hatta, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Semarang, Manado dan kota tujuan lainnya.

3. Mendukung pemulihan dan pengembangan sektor pariwisata dalam negeri. Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia dengan ikon Komodo. Untuk Bajawa, popular karena pegunungan, air terjun, kebudayaan lokal, taman laut dan lainnya.

4. Mendorong percepatan perekonomian melalui pusat perekonomian baru, seperti Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Ngada.

5. Menarik minat orang untuk bepergian menggunakan pesawat udara, karena terbang itu aman, sehat dan menyenangkan.

Terbang Nyaman ATR 72

Wings Air mempersiapkan ATR 72-500 dan ATR 72-600, pesawat modern dan terbaru yang dikirim langsung dari pabrikan pesawat. Keduanya berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi, tata letak 2-2. Keunggulan menawarkan pengalaman terbaru bagi penumpang, ATR 72 dikenal pesawat berteknologi canggih dengan tingkat kenyamanan lebih terasa selama penerbangan karena dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya menikmati perjalanan dengan melihat pemandangan karena pesawat mampu terbang rendah.

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Wings Air memaksimalkan berbagai langkah guna pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi dari internal, pemerintah pusat dan daerah, regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia serta berbagai pihak terkait lainnya dalam kerjasama operasional penerbangan. Berharap, sinergitas tersebut mampu mendukung layanan penerbangan, sehingga Wings Air dapat menjangkau dan melayani angkutan udara di intra-Pulau Flores dan intra-NTT.

 

Untuk pertanyaan media, hubungi kami di:

Lion Air

Telepon: (+6221) 6379 8000

Email: customercare@lionairgroup.com

Ikuti kami di media sosial